Selasa, Februari 16, 2010

HMI Basic Training, untuk apa..???

Ada banyak sekali pelatihan (training) yang kita kenal dan ditawarkan oleh berbagai lembaga, bahkan saat ini ada banyak lembaga yang sengaja didirikan untuk melakukan aktivitas melatih dan memberikan motivasi serta menggali motivasi personal untuk membuatnya lebih melejit serta membuatnya lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.

Training adalah pasha awal untuk memasuki sebuah gerbang yang namanya pengembangan kapasitas personal dalam melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing dari peserta training. Dalam banyak lembaga formal training dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa dan bagaimana sebuah organisasi seharusnya di jalankan, serta ke arah mana seharusnya organisasi tersebut di arahkan. Artinya dalam organisasi, moment basic training di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah pasha awal yang sekaligus merupakan prasyarat untuk menjadi anggota lembaga ini. Dalam basic training ini para calon anggota dipaparkan tentang sejarah pendirian, sejarah perjuangan, visi dan misi serta rencana atau cita-cita lembaga untuk jangka panjang.

Selanjutnya tahapan basic training ini juga merupakan pasha awal untuk membuka wawasan dan membantu tahapan mempertajam daya kritis berfikir personal. Dari proses ini diharapkan para peserta training akan lebih mengenal dirinya dan menggali kemampuan terbaiknya sehingga masing-masing peserta akan mampu mengaktualisasikan ke dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu juga peserta diharapkan akan mampu bertahan dalam melakukan aktivitas terbaiknya dalam berbagai situasi dan iklim untuk generasi selanjutnya.
Di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), basic training merupakan salah satu syarat penting yang harus di lalui oleh calon anggota agar menjadi anggota lembaga ini. Hal ini dilakukan karena masing-masing calon anggota terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda dan juga pengalaman yang berbeda-beda tentunya. Sehingga forum basic training menjadi tempat yang sangat efektif untuk memperkenalkan lembaga ini sedetail mungkin sehingga para anggota yang akan lulus nantinya benar-benar tahu apa dan kemana organisasi ini akan bergerak. Dalam pasha ini para calon anggota akan di beritahukan mission dari organisasi ini, dan dalam forum ini juga diberikan motivasi sehingga mereka akan terus berbuat untuk mewujudkan cita-cita Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yakni terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang di ridha Allah SWT. Para anggota HMI diharapkan terus menerus melakukan yang terbaik tanpa henti untuk mewujudkan cita-cita tersebut.
Sebagai calon anggota tentunya Anda akan bertanya, apa yang akan kita dapatkan di arena basic training tersebut? Bagaimana caranya supaya forum basic training tersebut bisa menjadi arena yang benar-benar bermanfaat bagi pribadi kita? Apakah training ini bisa membantu kita untuk bisa meraih prestasi akademik yang maksimal? Dan berbagai pertanyaan lainnya… tentunya hal ini wajar kita tanya, sehingga kita tahu betul apa yang akan kita lakukan, tidak sekedar ikut-ikutan atau karena pengen tahu saja.
Menurut pengalaman dan hemat Saya dalam berbagai forum training para peserta di arahkan untuk menggali potensi terbaik sehingga mereka menjadi manusia yang punya prestasi dan mampu menghadapi segala zaman. Untuk itu diperlukan personal yang tangguh, terutama sekali pemahaman tentang Dinul Islam yang harus menyeluruh dan mendalam sehingga tidak ada lagi virus TBC (Tahayul, Bid’ah, Churafat) dalam memahami agama Islam di masyarakat, terutama bagi para peserta basic training itu sendiri. Jadi jika Anda merasa ingin mendalami ilmu agama Islam... Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah tempat yang tepat!
Di arena basic training Anda juga akan mendapatkan banyak hal yang bisa membuat prestasi akademik Anda melejit ke arah kesempurnaan. Jadi bukan pilihan yang salah jika Anda memilih lembaga ini untuk mengembangkan kemampuan akademik Anda. Hanya saja yang perlu kita garis bawahi adalah ketika Anda tidak punya keinginan untuk berubah, menurut Saya sangat sulit untuk meraih sukses yang luar biasa. Dalam berbagai forum-forum HMI senantiasa menghargai pemikiran dari hasil pemikiran bersama tanpa mengabaikan buah pemikiran personal, Anda akan merasa merdeka sebagaimana kemerdekaan yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita.
Dalam forum basic training Anda akan diajarkan bagaimana Anda mengenal diri Anda sendiri untuk lebih mengenal Tuhan dan bagaimana seharusnya Anda melaksanakan berbagai aktivitas sehingga menjadi ibadah, serta benar-benar menjadi manusia yang bermanfaat untuk kemajuan ummat dan bangsa. Ada sederetan tokoh bangsa yang telah di cetak oleh lembaga ini, mereka menjadi top leader di berbagai bidang yang mereka tekuni, baik sebagai eksekutif, ulama terkemuka, pemikir bangsa, para pakar, menjadi akademisi, politisi, anggota legislatif, TNI/POLRI, pegawai negeri sipil dan sebagainya. Mereka menjadi bukti sejarah bahwa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan lembaga yang bisa membuat mereka sukses luar biasa. Karena ke dalam diri mereka HMI mengukir kata yang menjadi motivasi yang telah membuktikan mereka menjadi orang-orang terbaik dunia saat ini. Di HMI Anda tidak akan mengenal kata gagal, karena HMI senantiasa mengatakan YAKIN USAHA SAMPAI!!!
Karenanya jika Anda ingin menjadi diri sendiri yang senantiasa siap dengan segala keadaan untuk masa yang akan datang, silakan Anda bergabung dengan lembaga perkaderan tingkat mahasiswa tertua di Indonesia ini. Pergunakan waktu Anda semaksimal mungkin, insya Allah apa yang Anda cita-citakan akan terwujud dengan sempurna, tentunya dalam jalan dan rel-rel yang Islami.
ARAH PERKADERAN
Mengingat fungsi HMI sebagai organisasi kader, maka seluruh aktivitasnya harus dapat memberi kesempatan berkembang bagi kualitas-kualitas pribadi anggota-anggotanya. Anggota HMI yang merupakan “human material” yang dihadapi HMI untuk dibina dan dikembangkan menjadi kader HMI adalah mereka yang memiliki kualitas-kualitas :
a) Mahasiswa;
Yaitu mereka yang telah mencapai tingkat pendidikan intelektual tertentu, calon sarjana dan potensial menjadi intelegensia.
b) Kader;
Yaitu mereka yang memiliki kesediaan untuk berlatih dan mengembangkan kualitas-kualitas pribadinya guna menyongsong tugas depan ummat dan bangsa Indonesia.
c) Pejuang;
Yaitu mereka yang ikhlas, bersedia berbuat dan berkorban guna mencapai cita-cita umat Islam dan bangsa Indonesia pada waktu sekarang dan yang akan datang.
Artinya kegiatan HMI adalah merupakan “pendidikan kader” dengan sasaran anggota-anggota HMI dalam hal :
a) Watak dan Kepribadiannya
Yaitu dengan memberi kesadaran beragama, akhlaq dan watak. Itu berarti harus menjelma seorang individu yang beriman, berakhlaq luhur memiliki watak yang autentik serta memiliki pengabdian dalam arti yang paling hakiki.
b) Kemampuan Ilmiah
Yaitu dengan membina seseorang hingga memiliki pengetahuan (knowledge) serta kecerdasan (intellectuality) dan kebijaksanaan (wisdom).
c) Keterampilan
Yakni keterampilan menterjemahkan ide dan pikiran dalam praktik. Dengan terbinanya tiga sasaran tersebut maka terbinalah insan cita HMI yang beriman, berilmu dan beramal saleh.
Tujuan HMI telah memberikan gambaran tentang insan cita HMI. Berdasarkan landasan-landasan, arah dan tujuan perkaderan HMI, maka akhir kegiatan perkaderan diarahkan dalam rangka membentuk profil leader yang ideal, yaitu muslim intelektual professional.
Secara spesifik wujud profil kader HMI adalah sebagaimana tergambar dalam 5 kualitas insan cita HMI. Lima kualitas insan cita tersebut seperti diterangkan dalam tafsir tujuan HMI.
Kualitas insan cita HMI adalah merupakan dunia cita yakni suasana ideal yang ingin diwujudkan oleh HMI di dalam pribadi seorang manusia yang beriman dan berilmu pengetahuan serta mampu melaksanakan tugas kerja kemanusiaan sebagaimana tergambar dalam 5 kualitas insan cita HMI;
1) Kualitas Insan Akademis
2) Kualitas Insan Pencipta
3) Kualitas Insan Pengabdi
4) Kualitas Insan yang Bernafaskan Islam
5) Kualitas Insan yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah Subhanahu Wata’ala.
Nah lho!.. tunggu apa lagi, gak bakalan ada yang bisa membuat Anda sukses selain dari keinginan Anda sendiri untuk sukses. Akhirul kalam Saya ingin mengatakan kepada kita semua “Perjalanan seribu kilo meter itu ditentukan oleh keputusan Anda untuk menentukan langkah untuk yang pertama kalinya”. Be confident, be cool and be successfully because success is Our right!
Sampai ketemu di arena basic training, buktikan apa yang Saya sampaikan ini di sana…
YAKIN USAHA SAMPAI!!!
Billahi Taufiq Walhidayah Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


my fan